Evaluasi Algoritma, Variabel, dan Kondisi dalam Pemrograman
1. c
2. a
3. b
4. a
5. a
6. d
7. b
8. a
9. d
10. d
11. b
12. c
13. b
14. d
15. d
16. a
17. c
18. a
19. b
20. c
21. a
22. c
23. a
24. b
25. c
essai
1. Algoritma Pseudocode dari Gambar 2.22
IF Rerata > 90 then
Process Set Nilai Akhir = A
ELSEIF Rerata < 90 OR Rerata = 90 OR Rerata > 80 THEN
PROCESS Set Nilai Akhir = B
ELSEIF Rerata < 80 OR Rerata = 80 OR Rerata > 70 THEN
Process Set Nilai Akhir = C
ELSEIF Rerata < 70 OR Rerata = 70 OR Rerata > 60 THEN
PROCESSS Set Nilai Akhir = D
ELSEE PROCESS Set Nilai Akhir = E
2. Algoritma Pseudocode dari gambar 2.25
PROCESS Atur Life, Poin, Posisi dan Arah
LOOP UNTIL Life = 0 OR Point > 299
IF Tekan LEFT THEN
PROCESS Putar Kiri
ELSE IF Tekan Right THEN
PROCESS Putar Kanan
ELSE IF Tekan Up THEN
PROCESS Maju
ELSE IF Tekan Bawah THEN
PROCESS Mundur
ELSE IF Kena Zombie THEN
PROCESS Kurangi Life
IF Life = 0 OR Point > 299 THEN STOP
END LOOP
3. Yang lebih diterjemahkan adalah flowchart karena flowchart alur program lebih jelas terlihat. Tetapi secara Bahasa, pseudocode lebih mirip dengan Scratch.
4. Program Menghitung Volume Tabung dan Luas Selubung Tabung
Variabel :
Jari-jari : r
Tinggi : t
5. Kasus menggunakan tiga atau lebih percabangan : Kasus Menghitung Nilai Akhir dari Nilai Rerata Ujian.
6. Algoritma soal no. 5 :
OUTPUT ‘Masukan Nama Anda : ’
INPUT Pengguna memasukan Nama
STORE Input simpan di variabel Nama
OUTPUT ‘Masukan nama Tanggal LAhir (Format DD/MMM/YYYY)
INPUT Pengguna memasukan Tgl Lahir
STORE Input Simpan di variable TglLahir
PROCESS TahunLAhir = YEAR(TglLahir)
PRocess Hitung Umur = 2020 - TahunLahir
IF Umur < 2 THEN
PROCESS Set Klasifikasi = “Bayi”
ELSEIF Umur >2 OR Umur =2 OR Umur <5
PROCESS Set Klasifikasi = “Balita”
ELSEIF Umur >5 OR Umur =5 OR Umur <12
PROCESS Set Klasifikasi = “Anak”
ELSEIF Umur >12 OR Umur =12 OR Umur <17
PROCESS Set Klasifikasi = “Remaja”
ELSEIF Umur >17 OR Umur =17 OR Umur <55
Process Set Kalsifikasi = “Dewasa”
ELSEIF Umur >55 OR Umur =55
PROCESS Set Klasifikasi = “Manula”
Stop
7. Di Scratch, variabel - variabel nya :
- Nama : Menyimpan Nama, Type : String
- TglLahir : Menyimpan Tanggal Lahir, Type : Date
- Tahun Lahir : Menyimpan Tahun Kelahiran, Type : Number
- Umur : Menyimpan Umur, Type : Number
-Klasifikasi : Menyimpan klasifikasi seseorang, Type : String
8. Program Menghitung Deret Bilangan
Variabel :
a : Bilangan Pertama
b : Selisih antar tiap bilangan
n : Posisi bilangan
Sn : Nilai bilangan ke n
Un : Jumlah bilangan ke n
Sn = a + (n-1)b
Un = n/2* (a+Sn)
9. Algoritma soal no.8
OUTPUT ‘Masukkan Bilangan Pertama : ’
INPUT Pengguna memasukan Bilangan Pertama
STORE Input simpan di variable a
OUTPUT ‘Masukkan Selisih antara tiap bilangan : ’
INPUT Pengguna memasukan Selisih antara tiap bilangan
STORE Input simpan di variable b
OUTPUT ‘Masukkan posisi bilangan : ’
INPUT Pengguna memasukan Posisi bilangan
STORE Input simpan di variable n
PROCESS Hitung Sn = a + (n-1) * b
PROCESS Hitung Un = n/2 * (a + Sn)
OUTPUT ‘Jumlah ‘, n, ‘ Bilangan Pertama : ‘, Un
10. Blok Perintah Perulangan di Scratch: Looping Repeat Until dan Forever
Comments
Post a Comment