Evaluasi Algoritma, Variabel, dan Kondisi dalam Pemrograman

1. c

2. a

3. b

4. a

5. a

6. d

7. b

8. a

9. d

10. d

11. b

12. c

13. b

14. d

15. d

16. a

17. c

18. a

19. b

20. c

21. a

22. c

23. a

24. b

25. c


essai

1. Algoritma Pseudocode dari Gambar 2.22

IF Rerata > 90 then

Process Set Nilai Akhir = A

ELSEIF Rerata < 90 OR Rerata = 90 OR Rerata > 80 THEN

PROCESS Set Nilai Akhir = B

ELSEIF Rerata < 80 OR Rerata = 80 OR Rerata > 70 THEN

Process Set Nilai Akhir = C

ELSEIF Rerata < 70 OR Rerata = 70 OR Rerata > 60 THEN

PROCESSS Set Nilai Akhir = D

ELSEE PROCESS Set Nilai Akhir = E


2. Algoritma Pseudocode dari gambar 2.25

PROCESS Atur Life, Poin, Posisi dan Arah

LOOP UNTIL Life = 0 OR Point > 299

    IF Tekan LEFT THEN

    PROCESS Putar Kiri 

    ELSE IF Tekan Right THEN

    PROCESS Putar Kanan

    ELSE IF Tekan Up THEN

    PROCESS Maju

    ELSE IF Tekan Bawah THEN

    PROCESS Mundur

    ELSE IF Kena Zombie THEN

    PROCESS Kurangi Life

    IF Life = 0 OR Point > 299 THEN STOP    

END LOOP


3. Yang lebih diterjemahkan adalah flowchart karena flowchart alur program lebih jelas terlihat. Tetapi secara Bahasa, pseudocode lebih mirip dengan Scratch.

4. Program Menghitung Volume Tabung dan Luas Selubung Tabung

Variabel :

Jari-jari : r

Tinggi : t



5. Kasus menggunakan tiga atau lebih percabangan : Kasus Menghitung Nilai Akhir dari Nilai Rerata Ujian.

6. Algoritma soal no. 5 :

OUTPUT ‘Masukan Nama Anda : ’

INPUT Pengguna memasukan Nama 

STORE Input simpan di variabel Nama

OUTPUT ‘Masukan nama Tanggal LAhir (Format DD/MMM/YYYY)

INPUT Pengguna memasukan Tgl Lahir

STORE Input Simpan di variable TglLahir

PROCESS TahunLAhir = YEAR(TglLahir)

PRocess Hitung Umur = 2020 - TahunLahir

IF Umur < 2 THEN

PROCESS Set Klasifikasi = “Bayi”

ELSEIF Umur >2 OR Umur =2 OR Umur <5

PROCESS Set Klasifikasi = “Balita”

ELSEIF Umur >5 OR Umur =5 OR Umur <12

PROCESS Set Klasifikasi = “Anak”

ELSEIF Umur >12 OR Umur =12 OR Umur <17

PROCESS Set Klasifikasi = “Remaja”

ELSEIF Umur >17 OR Umur =17 OR Umur <55

Process Set Kalsifikasi = “Dewasa”

ELSEIF Umur >55 OR Umur =55

PROCESS Set Klasifikasi = “Manula”

Stop


7. Di Scratch, variabel - variabel nya : 

- Nama : Menyimpan Nama, Type : String

- TglLahir : Menyimpan Tanggal Lahir, Type : Date

- Tahun Lahir : Menyimpan Tahun Kelahiran, Type : Number

- Umur : Menyimpan Umur, Type : Number

-Klasifikasi : Menyimpan klasifikasi seseorang, Type : String


8. Program Menghitung Deret Bilangan

Variabel :

a : Bilangan Pertama

b : Selisih antar tiap bilangan

n : Posisi bilangan

Sn : Nilai bilangan ke n

Un : Jumlah bilangan ke n

Sn = a + (n-1)b

Un = n/2* (a+Sn)

9. Algoritma soal no.8


OUTPUT ‘Masukkan Bilangan Pertama : ’

INPUT Pengguna memasukan Bilangan Pertama

STORE  Input simpan di variable a

OUTPUT ‘Masukkan Selisih antara tiap bilangan : ’

INPUT Pengguna memasukan Selisih antara tiap bilangan

STORE  Input simpan di variable b

OUTPUT ‘Masukkan posisi bilangan : ’

INPUT Pengguna memasukan Posisi bilangan

STORE  Input simpan di variable n

PROCESS Hitung Sn = a + (n-1) * b

PROCESS Hitung Un = n/2 * (a + Sn)

OUTPUT ‘Jumlah ‘, n, ‘ Bilangan Pertama : ‘, Un


10. Blok Perintah Perulangan di Scratch: Looping Repeat Until dan Forever

Comments